Destinasi Wisata Candi di Jawa Timur

Destinasi Wisata Candi di Jawa Timur

Destinasi Wisata Candi di Jawa Timur

Destinasi Wisata Candi di Jawa Timur – Nama kediri sudah ada dari ratusan tahun yang lalu, nama ini juga ada kaitannya dengan kerajaan kediri bahkan lebih tua dari kerajaan majapahit yang ada di trowulan mojokerto, bukti yang menguatkan adalah di temukannya beberapa situs bersejarah yang berhasil di selamatkan oleh arkeolog

Salah satu bukti peninggalan tersebut di implementasikan dengan bangunan berupa candi yang tersebar di kabupaten kediri dan sekitarnya saat ini peninggalan cagar budaya tersebut di jadikan tempat wisata candi bersejarah di kediri.

Kita pasti akan tecengang dengan arsitek dan seni pada masa lampau di mana dengan alat yang sederhana bisa membuat candi yang laur biasa, dengan seni arsitek menawan dan memiliki keunikan tersendiri saat ini candi tersebut menjadi destinasi tempat wisata candi yang menarik untuk di kunjungi warga masyarakat kediri dan sekitarnya.

Sebagai salah satu pusat pemerintahan pada masa kerajaan, Jawa Timur punya banyak situs bersejarah yang bisa dikunjungi, candi misalnya. Bangunannya yang begitu cantik dan estetik menarik minat banyak wisatawan, baik dari lokal maupun mancanegara.

Candi Singosari

Sesuai namanya, candi ini memiliki kaitan sejarah yang erat dengan Kerajaan Singosari. Bangunan candi ini berada di tengah halaman.

Badan candi berdiri di atas batur kaki dengan ketinggian 1,5 meter tanpa hiasan. Sekilas, bangunan Candi Singosari terlihat bersusun dua, padahal tidak.

Candi yang berada di Desa Candirenggo ini dikenal pula dengan nama Candi Cungkup atau Candi Menara, karena merupakan yang tertinggi pada masanya. Candi Singosari merupakan candi Syiwa yang dibangun untuk menghormati raja Kertanegara.

Lokasi: Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB

Harga: Rp5.000

Candi Badut

Candi yang sudah berumur sekitar 1400 tahun ini merupakan peninggalan Prabu Gajayana, penguasa Kerajaan Kanjuruhan yang tertera pada prasasti Dinoyo bertahun 760 Masehi. Arsitekturnya disebut sebagai peralihan gaya bangunan Klasik dari Jawa Tengah ke Jawa Timur.

Seperti candi Hindu lainnya, terdapat relung berisi arca di bagian luarnya. Dua relung di bagian kanan dan kiri pintu harusnya berisi arca Mahakala dan Nandiswara.

Ditemukan pada tahun 1921, Candi Badut masih berupa bukit reruntuhan dan tanah. Dalam hal relief, candi ini mempunyai kesamaan dengan Candi Dieng di Jawa Tengah.

Lokasi: Dusun Karang Besuki, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB

Harga: gratis

Candi Penataran

Candi ini berada di Desa Penataran, Kabupaten Blitar. Candi Penataran dipercaya sebagai yang terluas di Jawa Timur dan sudah ada sejak Kerajaan Kediri pada tahun 1200 Masehi.

Tertulis dalam kitab Negarakertagama, Candi Penataran disebut pula sebagai Candi Palah. Terdapat kekhasan dalam reliefnya, yakni wujud manusia digambarkan dengan wayang kulit.

Lokasi: Desa Penataran, Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB

Harga: Rp3.000

Comments are closed.