Destinasi Wisata di Kebumen yang Indah

Destinasi Wisata di Kebumen yang Indah

Destinasi Wisata di Kebumen yang Indah

Destinasi Wisata di Kebumen yang Indah, – Kebumen merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Dalam daftar destinasi travelling, kabupaten ini memang tak terlalu populer. Namun jangan salah karena kabupaten ini menyimpan pesona wisata yang tak kalah dengan daerah lain di Indonesia. Mulai dari wisata alam gua, air terjun hingga pantai tersaji di bumi Kebumen.

Saat memikirkan Jawa Tengah, apa yang terlintas di pikiranmu? Pesona kemegahan Candi Borobudur di Magelang, uniknya bangunan Lawang Sewu di Semarang, indahnya deretan pantai di Yogyakarta, atau yang lainnya?

Namun, pernahkah kamu terpikir untuk menghabiskan waktu 2-3 hari di Kebumen? Kota yang pernah menjadi lokasi film The Raid 2 ini menyimpan banyak potensi wisata yang menarik, lho.

Pesona wisata di Kebumen masih tergolong asri alami dan tidak sepadat Bali atau Yogyakarta. Hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri, karena Anda bisa menikmati panorama alam Kebumen secara lebih leluasa, tenang, dan nyaman.

Gua Jatijajar

Gua Jatijajar merupakan salah satu tempat wisata di Kebumen yang cukup populer sebagai destinasi wisata. Lokasinya berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah yang berjarak sekitar 42 km di arah barat daya pusat kota Kebumen. Gua ini terbentuk dari batuan kapur dengan panjang kurang lebih 250 meter, lebar mencapai 15 meter, dan ketinggian sekitar 12 meter.

Sebagai destinasi wisata yang cukup populer, di dalam Gua Jatijajar telah dibangun jalan setapak dilengkapi dengan pagar pembatas yang memudahkan wisatawan untuk menikmati ornamen-ornamen alam di dalamnya. Dengan luas area kurang lebih 5,5 hektar, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan taman yang memungkinkan wisatawan untuk beristirahat dengan santai sambil menikmati kesejukan udara dan pemandangan alam sekitar.

Gua Barat

Lagi-lagi Anda bisa menikmati wisata gua di kawasan Kecamatan Ayah. Gua Barat merupakan tempat wisata di Kebumen yang super keren dengan panorama alam yang benar-benar alami dan menunjukkan pesona yang luar biasa. Keunikan yang menjadi daya tarik bagi tempat wisata ini yaitu keberadaan air terjun setinggi sekitar 32 meter di dalam gua.

Stalaktit dan stalagmit yang menyembul di dinding, atap dan lantai gua menambah takjub setiap wisatawan yang melihatnya. Sayangnya, jumlah pengunjung yang diperkenankan memasuki gua ini dibatasi maksimal 10 orang dalam satu kunjungan dan itu pun wajib didampingi pemandu. Pembatasan ini bertujuan untuk menjaga kelestarian dan keindahan gua agar tetap natural dan terhindar dari tangan-tangan jahil.

Pantai Ayah / Pantai Logending

Ingin menikmati wisata pantai? Tidak perlu takut karena Anda juga bisa menemukannya di Kebumen. Salah satu wisata pantai yang paling populer adalah Pantai Ayah atau yang dikenal pula dengan sebutan Pantai Logending.

Sebagai tempat wisata andalan, Pantai Ayah tak pernah sepi pengunjung. Namun jangan harap Anda akan menemukan pasir putih di pantai ini. Meski demikian, keindahan pantai ini tak kalah dengan pantai berpasir putih. Selain bisa bermain ombak di tepi pantai, Anda juga bisa menikmati sajian kuliner yang disuguhkan oleh warung-warung makan di sekitar pantai.

Pantai Menganti

Tak hanya menyuguhkan wisata gua, Kecamatan Ayah juga memiliki pesona pantai yang luar biasa. Adalah Pantai Menganti yang terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah yang berjarak sekitar 40 km dari Kecamatan Gombong.

Jika Anda mencari pantai berpasir putih di Kebumen, maka di sinilah tempatnya. Uniknya di pantai ini terdapat bangunan mercusuar setinggi 20 meter yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan pantai .

Comments are closed.