Destinasi Wisata di Wonosobo Jawa Tengah

Destinasi Wisata di Wonosobo Jawa Tengah

Destinasi Wisata di Wonosobo Jawa Tengah

Destinasi Wisata di Wonosobo Jawa Tengah, – Wonosobo memang terkenal dengan keindahan alamnya, contohnya adalah Dieng. Siapakah yang tidak mengenal Dieng? Akan tetapi selain wisata Dieng, ternyata Wonosobo juga menyimpan beragam objek wisata yang tak kalah menarik.

Seperti dikutip IDNPlay Poker, Wisata di Wonosobo kerap pula memanjakan para wisatawan dengan pemandangan alamnya yang indah dan masih asri. Penasaran mengenai destinasi wisata apa saja yang dapat anda temui di Wonosobo? Simaklah ulasan berikut ini.

Air Terjun si Karim

Air terjun si Karim terdaftar dalam wilayah desa Sambungan kec. Kejajar, Wonosobo. Ternyata masih banyak juga wisatawan yang belum kenal dengan salah satu objek wisata yang indah ini. Melakukan perjalanan ke objek wisata Air terjun Si Karim bagaikan mencari sebuah surga tersembunyi di hamparan lembah hijau dengan jalan yang berkelok-kelok.

Telaga Menjer

Telaga Menjer termasuk dalam wilayah Dieng yang lebih tepatnya berada di desa Maron, Kec. Garung, Wonosobo. Telaga Menjer juga merupakan telaga yang paling luas di wilayah Dieng, dengan kedalaman 60 meter dan luas telaga sebesar 70 Ha.

Telaga Menjer terletak tepat di bawah kaki Gunung Sikudi dengan ketinggian sekitar 1.300 mdpl. Untuk menuju ke tempat wisata Telaga Menjer ini anda membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dengan berkendara dan menempuh jarak sekitar 12 km.

Pemandian Air Panas Kalianget

Sama seperti nama objek wisata ini terletak Pemandian Air Panas Kalianget terletak di Desa Kalianget, kabupaten Wonosobo. Wisata di Wonosobo ini menjanjikan fasilitas air hangat alami yang terjadi akibat adanya aktivitas vulkanis.

Selain tersedia dua kolam air hangat di sini juga ada beberapa kamar seperti kamar mandi untuk menikmati sensasi mandi air hangat yang lebih privat. Selain itu, untuk anak-anak tersedia juga kolam renang yang makin menambah keceriaan ketika berlibur ke pemandian air panas Kalianget ini.

Telaga Warna

Telaga warna merupakan objek Wisata di Wonosobo yang berada di wilayah dataran tinggi Dieng. Objek wisata ini juga sudah mulai dikenal oleh banyak wisatawan domestik maupun mancanegara. Telaga yang berada di ketinggian 2000 mdpl ini akan memanjakan mata pengunjungnya dengan menampilkan berbagai macam warna seperti hijau, biru laut dan putik kekuningan yang tampak kontras dan indah pada permukaan air di telaga.

Goa Jaran

Goa Jaran merupakan salah satu goa yang berada dalam wilayak objek wisata Telaga Warna di dataran tinggi Dieng. Nama Jaran yang merupakan sebutan dari kuda dalam bahasa Jawa, diambil dari bentuk permukaan goa yang memiliki rupa seperti kuda.

Mitos menyatakan bahwa suatu hari saat turun hujan ada kuda yang bermalam di dalam goa tersebut, dan pada keesokan harinya kuda yang keluar setelah berteduh hamil secara misterius. Atas dasar ini pula Goa Jaran kerap menjadi tempat semedi bagi para wanita atau pasangan yang sedang mendambakan keturunan.

Bukit Sikunir

Masih berada di kawasan dieng, Wisata di Wonosobo yang dinamakan Bukit Sikunir ini merupakan objek wisata yang populer bagi para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan matahari terbit yang menakjubkan. Meski berupa bukit yang kecil, Sikunir mulai disukai oleh para wisatawan karena Golden Sunrisenya.

Dari Bukit Sikunir ini anda juga dapat melihat pemandangan indah dimana Dieng terselimuti kabut tebal pada dini hari, dan pemandangan ini menjadi dasar dari julukan Dieng sebagai “Negeri di Atas Awan”.

Kebun Teh Tambi

Wisata di Wonosobo yang dapat anda nikmati selanjutnya adalah Kebun teh Tambi yang terletak di lereng Gunung Sindoro dengan ketinggian 1.200 sampai 2.000 mdpl. Selain dimanjakan dengan hamparan perkebunan teh yang hijau dan menentramkan, anda juga akan merasakan udara sejuk khas kebun teh menambah kesan relaksasi ketika berada di Kebun Teh Tambi ini.

Curug Winong

Selain air terjun Si Karim, Wisata di Wonosobo juga memiliki destinasi air terjun lainnya yang tak kalah menarik yakni adalah Curug Winong. Curug Winong berada di desa Winongsari Kec. Kaliwiro yang dapat ditempuh kurang lebih 50 menit dari pusat kota Wonosobo.

Akses yang dilalui juga sudah cukup bagus dengan jalan raya beraspal. Dan pemandangan pegunungan serta hutan pinus yang memanjakan mata akan menambahkan kesan pada perjalanan anda. Namun, saat melalui perjalanan menuju ke loket jalan yang ditempuh sedikit kurang mulus dari jalan raya sebelumnya.

Comments are closed.